Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 5 No. 4 (2025): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Tingkat Kecemasan Siswa Pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII SMP Negeri 4 kecamatan Pangaribuan

Ritonga, Nora Winda (Unknown)
Manik, Efron (Unknown)
Simanjuntak, Ruth Mayasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kecemasan siswa dan kemampuan pemahaman matematika mereka pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 4 Kecamatan Pangaribuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yang berfokus pada pengumpulan dan analisis data numerik untuk menggambarkan kondisi kedua variabel tersebut tanpa menguji hubungan atau pengaruh antara keduanya. Data dikumpulkan melalui angket untuk mengukur tingkat kecemasan siswa dan tes untuk menilai kemampuan pemahaman matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi pada tingkat kecemasan siswa, yang terbagi menjadi kategori rendah, sedang, dan tinggi. Begitu juga dengan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa mencakup beberapa indikator, seperti menyatakan ulang konsep, mengklasifikasi objek berdasarkan sifatnya, mengaplikasikan konsep, serta menyajikan konsep kedalam berbagai bentuk representasi. Penelitian ini menyajikan gambaran yang jelas mengenai distribusi kecemasan dan kemampuan pemahaman matematika tanpa menganalisis keterkaitan antara kedua variabel tersebut. Temuan ini diharapkan dapat membantu pihak pendidik untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dan memperhatikan kondisi psikologis siswa, khususnya dalam konteks pembelajaran matematika pada materi bilangan bulat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...