Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 5 No. 4 (2025): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Implementasi Assertive Training untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa dengan Teman Sebaya

Agustin, Nela (Unknown)
Conia, Putri Dian Dia (Unknown)
Prabowo, Arga Satrio (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh layanan konseling kelompok dengan assertive training dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal dengan teman sebaya. Desain kuasi eksperimen adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Populasi pada penelitian ini sebanyak 144 siswa yang merupakan siswa kelas XI-1 sampai dengan XI-4 di SMA Yuppentek 1 Kota Tangerang. Hasil pre-test menunjukkan dari total 144 siswa, terdapat 10 siswa pada kategori rendah, 95 siswa pada kategori sedang, dan 39 siswa pada kategori tinggi. Pelaksanaan treatment diberikan kepada siswa yang berada pada kategori rendah sebanyak 10 siswa dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan tiap kelompok terdiri dari 5 siswa. Metode analisis data yang digunakan adlah analisis uji hipotesis Wilcoxon Signed Rank dan analisis Gain Score. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis Wilcoxon Signed Rank diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0.040. Sebagaimana melihat pada pengambilan Keputusan hipotesis, nilai 0.040 lebih rendah daripada 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian artinya terdapat keberhasilan dari pengaruh assertive training untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal dengan teman sebaya pada siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...