Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SDN 15 Salolo, Kota Palopo, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui penerapan Kurikulum Merdeka berbasis teknologi informasi. Kegiatan ini melibatkan 10 guru sebagai mitra, yang sebelumnya mengalami kendala dalam mengakses sumber bahan ajar, memanfaatkan media pembelajaran literasi dan numerasi, serta rendahnya capaian literasi dan numerasi siswa. Solusi yang disepakati dalam PKM ini meliputi tiga bentuk kegiatan utama: (1) pelatihan akses bahan ajar berbasis teknologi informasi, (2) pendampingan pengembangan media pembelajaran, dan (3) penguatan literasi dan numerasi siswa. Hasil pelaksanaan kegiatan dievaluasi berdasarkan dua aspek utama: pengetahuan guru terkait teknologi informasi dan kemampuan literasi serta numerasi siswa. Pada aspek pertama, peningkatan pengetahuan guru terhadap teknologi informasi terlihat dari capaian akses dan penggunaan sumber bahan ajar daring yang meningkat dari 55% menjadi 80%, pemanfaatan media pembelajaran digital dari 60% menjadi 85%, penggunaan perangkat dan platform daring dari 50% menjadi 78%, serta penyusunan materi interaktif yang naik dari 45% menjadi 75%. Peningkatan ini menunjukkan keberhasilan program dalam mempersiapkan guru untuk menggunakan teknologi secara efektif dalam pembelajaran. Pada aspek kedua, terjadi peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa, yang tercermin dalam peningkatan jumlah siswa di kategori Mahir dari 20% menjadi 35% dan kategori Cakap dari 30% menjadi 40%. Sementara itu, jumlah siswa dalam kategori Dasar menurun dari 35% menjadi 20%, dan kategori Perlu Intervensi Khusus (PIK) dari 15% menjadi 5%. Hasil ini menunjukkan bahwa PKM berhasil meningkatkan capaian belajar siswa dan mengurangi kebutuhan intervensi khusus, sehingga memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran di SDN 15 Salolo.
Copyrights © 2024