Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam
Vol 7, No 1 (2024): Tantangan Kontemporer dalam Pendidikan Islam

Pengaruh Metode Drill dan Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Keaktifan Belajar Siswa

Fina, Muhtafina (Unknown)
Sustiana, Sustiana (Unknown)
Junaidi, Junaidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode drill dan kompetensi kepribadian guru terhadap kektifan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode survey. Kuesioner digunakan untuk memberikan daftar pertanyaan kepada responden dengan harapan mereka akan menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan berbagai uji, uji T, uji F untuk menjawab hipotesis pada penelitian ini menghasilkan persamaan sebagai berikut : Y = 8.794 + 0.545 + 0.742. Pengujian hipotesis menggunakan uji F dengan rumus df2 = 41 – 2 -1 = 38, menghasilkan F hitung 15.248 > F tabel yaitu 3.245 dengan taraf signifikasi 5% yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti variabel (X1) metode drill dan (X2) kompetensi kepribadian guru berpengaruh secara simultan terhadap variabel (Y) keaktifan belajar siswa. Nilai R square sebesar 44,5 % maka dapat diartikan metode drill dan kompetensi kepribadian guru memiliki kontribusi atau pengaruh secara simultan terhadap keaktifan belajar siswa dengan kategori moderat/sedang sedangkan sisanya 55,5% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fikri

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Al-Fikri is a journal of Islamic Education Studies published by the Department of Tarbiyah, Faculty of Islamic Studies, Sultan Agung Islamic University, Semarang, Indonesia. It is a semi annual journal published on February and August to develope the scientific ...