Wahana
Vol. 3 No. 2 (2024): Edisi Desember

Pelatihan Marketing Digital dan Strategi Pemasaran Keripik Sambal Ikan Teri Kearifan Lokal dalam meningkatkan Kesejahteraan UMKM di Kelurahan Aek Parombunan Kecamatan Sibolga Selatan

Tanjung, Dewi Sundari (Unknown)
Vientiany, Dini (Unknown)
Syafrizal, Rodi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Pengabdian masyarakat dilakukan dengan metode pemberian pelatihan, pendampingan kepada UMKM mengenai Marketng digital dan Startegi Pemasaran dalam yang bertujuan untuk membantu pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) produk keripik kearifan lokal di keluaraha Aek Parombunan kecaatan Sibolga Selatan Kota Sibolga yang dibangun oleh masyakatrat dan pantau pemerintah daerah. Masyarakat di kelurahan Aek Parombunan memiliki banyak usaha pengolahan pangan seperti keripik namun dalam pemasarannya belum seluruhnya mengimplentasikan digital marketing dengan baik. Potensi sumber daya manusia, pemanfaatan hasil perkebunan, pertanian dan perikanan, industri kecil keripik sambal ikan teri, dan meupakan juga bisnis yang cukup menjanjikan sebagai sumber pendapatan masyarakat di Kelurahan Aek Parombunan.Penguasaan strategi pemasaran sangat di butuhkan, kemampuan manajemen, wawasan kewirausahaan, maupun kemampuan digital marketing pelaku usaha untuk menjaga keberlanjutan dan dari usaha ini. Ada tiga tahapan yang diakukan dalam kegiatan yaitu pra pelatihan, kegiatan pelatihan dan pendampingan pasca pelatihan. Pada kegiatan prapelatihan dilakukan analisis kondisi awal dari para pelaku UMKM keripik sambal ikan teri, sedang pada tahap pelatihan diberikan materi terkait digital marketing. kemudian pada tahap yang terakhir pendampingan pasca pelatihan yaitu dilakukan pendampingan secara cepat dan langsung untuk mengiimplementasi konsep digital marketing dalam menjalankan usaha. Hasil dari kegiatan ini sangat memuaskan, dapat dilihat dari sambutan dan respon para pelaku UMKM yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan. Dengan kegiatan pelatihan ini para pemilik UMKM dapat memahami dan mengetahui strategi pemasaran dan digital marketing yang baik untuk memperluas pasar. Baik nasional maupun menuju internasional. Para pelaku UMKM mencoba memasarkan produknya melalui platform digital seperti toko Pedia dan shopee. Adapun dari kegiatan ini , yaitu terjadinya peningkatan omset penjualan dari para pelaku usaha, yaitu keripik sambal ikan teri kangen mengalami kenaikan omset sebesar 20%, keripik sambal bripka 10%. Keripik Sambla Special 20%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wahana

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

Wahana Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat adalah jurnal pengabdian kepada masyarakat yang ditertbitkan dan dikelola oleh Ilmu Bersama Center. Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil pengabdian dari seluruh civitas akademika tentang berbagai macam ...