Educativo: Jurnal Pendidikan
Vol 3 No 2 (2024): Educativo: Jurnal Pendidikan

MEMPERKENALKAN DAN MENANAMKAN PENDIDIKAN ANTI – KORUPSI KEPADA SISWA – SISWI KELAS VI SD MUHAMMADIYAH IV PEKANBARUMEMPERKENALKAN DAN MENANAMKAN PENDIDIKAN ANTI – KORUPSI KEPADA SISWA – SISWI KELAS VI SD MUHAMMADIYAH IV PEKANBARU

Utami, Nadia Restu (Unknown)
Maharani, Nova Fitria (Unknown)
Hudi, Ilham (Unknown)
Nurpadila, Nurpadila (Unknown)
Rianti, Sartika Agus (Unknown)
Sari, Verti Nofita (Unknown)
Amanda, Yolipia (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Korupsi adalah masalah penting yang dihadapi Indonesia, terlihat dari penurunan Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK) dari 3,92 pada tahun 2023 menjadi 3,85 pada tahun 2024. Tindakan korupsi, baik yang mencakup skala besar maupun kecil, sering kali terjadi dalam kehidupan sehari-hari. -hari dan dapat dilakukan tanpa disadari, termasuk oleh anak-anak. Oleh karena itu, pendidikan anti korupsi di tingkat dasar sekolah sangat penting untuk membentuk karakter dan moral generasi penerus. Penelitian ini melibatkan sosialisasi pendidikan anti korupsi di SD Muhammadiyah IV Pekanbaru, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang korupsi dan dampak negatifnya. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi dan diskusi dengan siswa serta guru, disertai dengan penggunaan media visual dan permainan untuk menarik perhatian siswa. Hasil dari sosialisasi ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa mengenai berbagai bentuk korupsi dan pentingnya tindakan pencegahan, serta membangun kesadaran untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bebas dari praktik korupsi. Dengan penanaman nilai-nilai seperti integritas, kejujuran, dan tanggung jawab, diharapkan siswa dapat menjadi agen perubahan yang berkomitmen untuk menolak penipuan dan berkontribusi pada kemajuan bangsa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Educativo: Jurnal Pendidikan focuses on the following topics: curriculum development, teacher education and professional development, teacher training, cross-cultural studies, learning, evaluation, english language teaching, counseling, management, quality of education, and the use of communication ...