Perkembangan teknologi dan dunia digital pada masa globalisasi saat ini, khususnya pada bidang telekomunikasi mengalami kemajuan yang cukup pesat, salah satunya yaitu perusahaan telekomunikasi XL yang merupakan perusahaan penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi yang terbesar di seluruh Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian kartu perdana XL. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Cendana Kupang dengan jumlah 90 sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji t, dan uji f dengan menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai probabilitas (Sig) 0,027 < 0,05, sikap konsumen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai probabilitas (Sig) 0.000 < 0,05 dan secara simultan persepsi dan sikap konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kartu perdana XL dengan nilai probabilitas (Sig) 0.000 < 0,05. Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Persepsi, dan Sikap Konsumen
Copyrights © 2024