Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pengelolaan kelas yang efektif dalam penerapan model pembelajaran mencari informasi (information search). Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan analisis data yang terdiri dari tahap organisasi, sintesis, dan identifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas yang dirancang dengan baik dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif, meningkatkan motivasi siswa, serta mendukung pembelajaran aktif dan kolaboratif. Model pencarian informasi membantu siswa untuk lebih aktif mencari, menganalisis, dan menyajikan informasi secara mandiri maupun kelompok, sehingga meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kerja sama. Tantangan utama dalam penerapan model ini adalah keterbatasan sarana pendukung dan kurangnya pemahaman guru tentang pengelolaan kelas yang sesuai. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan panduan pengelolaan kelas, seperti pengaturan ruang fisik, variasi metode pembelajaran, dan penerapan prinsip-prinsip pengelolaan kelas. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa model mencari informasi efektif dalam meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025