Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI)
Vol 7, No 2 (2025)

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Huruf pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Kotak Pintar

Nurlela, Novi (Unknown)
Fidesrinur, Fidesrinur (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2025

Abstract

Perkembangan anak memerlukan sebuah stimulasi yang tepat sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 mengenai Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Di dalamnya terdapat ketentuan mengenai Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA). STTPA berisi tentang indikator-indikator dalam berbagai aspek perkembangan, termasuk aspek perkembangan kognitif. Salah satu lingkup dari aspek perkembangan kognitif adalah mengenal lambang huruf. Hasil observasi dan diskusi bersama guru di TK Islam Al Kautsar Cibinong menunjukkan rendahnya kemampuan anak dalam mengenal lambang huruf disebabkan kurangnya variasi media pembelajaran. Solusi yang diberikan yaitu menggunakan media inovatif kotak pintar (KOPIN). Tujuan penelitian yaitu meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf pada anak usia 4-5 tahun melalui media KOPIN. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif dan partisipatif, dengan subjek penelitian terdiri dari 11 anak berusia 4-5 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media KOPIN dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang huruf. Hal ini terlihat dari 90% anak yang mampu menyebutkan lambang huruf, 100% anak yang dapat menunjuk sambil membunyikan lambang huruf, 90% anak yang berhasil menyusun lambang huruf, dan 90% anak yang mampu menghubungkan lambang huruf dengan gambar. Beberapa saran yang dapat diberikan adalah menyesuaikan kegiatan KOPIN dengan tema pembelajaran, melakukan brainstorming terlebih dahulu bersama anak, serta memastikan bahan utama pada media KOPIN, seperti lembaran kartu kata, lebih diperhatikan agar dapat diganti sesuai tema yang digunakan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

AUDHI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh PG PAUD Fakultas Psikologi dan Pendidikan Universitas Al Azhar Indonesia menggunakan platform pengelolaan jurnal ilmiah secara online, yaitu Open Journal System (OJS). Jurnal AUDHI memuat naskah di bidang ...