Multimedia interaktif merupakan salah satu media yang dapat diterapkan dalam pembelajaran anak usia dini dan sejalan dengan perkembangan teknologi di era digital saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran anak usia dini berdasarkan kajian sistematis. Masalah yang diangkat adalah apakah multimedia merupakan media pembelajaran yang efektif untuk anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review yang melalui tiga tahapan seperti perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan penelitian. Penelitian ini mengumpulkan berbagai literatur melalui Google Scholar, Open Knowledge dan Sage, setelah itu diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi sehingga mendapatkan literatur yang relevan, kuat dan kredibel. Temuan utama menunjukkan bahwa multimedia interaktif termasuk PowerPoint berbasis permainan, kartu flash, dan video animasi dapat secara efektif meningkatkan kemampuan akademis seperti membaca, penalaran matematika dan pemikiran logis sekaligus meningkatkan motivasi belajar serta pertumbuhan kemampuan untuk menyuarakan pendapat sendiri dan moderasi dalam beragama. Selain itu, media ini efektif dan memfasilitasi pembelajaran mandiri anak sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Implikasi penelitian ini adalah multimedia interaktif tidak efektif jika tidak disesuaikan dengan tahap perkembangan anak, selain itu mendidik orang tua dan guru dalam literasi digital dan menggabungkan media ini ke dalam kurikulum merupakan cara yang menarik dan kreatif untuk meningkatkan perkembangan anak secara keseluruhan
Copyrights © 2025