Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol 5 No 2 (2024): Education and Islamic Studies (Juni-Desember)

Konstruksi Hermeneutika Feminis Amina Wadud: Sebuah Upaya Membangun Ulang Makna Ayat-Ayat Bias Gender

Rahmah Eka Saputri (Unknown)
Fitrawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2024

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk membahas mengenai konstruksi hermenutika feminis yang dibangun oleh Amina Wadud. Amina Wadud adalah seorang feminis muslim yang melakukan konstruksi ulang terhadap penafsiran ayat-ayat alquran yang dianggapnya memiliki muatan bias gender. Dalam upayanya dalam menafsirkan ulang amina wadud selalu menekankan pentingnya sebuah upaya untuk membaca setiap ayat menggunakan metode hermeneutika holistic untuk memahami maksud ayat secara keseluruhan berdasarkan keinginan Alquran itu sendiri. Sehingga pembacaan seperti ini tidak akan menyebabkan seseorang terjebak ke dalam pemahaman yang parsial dan tidak terkoneksi satu dan yang lain. Penelitian ini merupakan library research dengan menganalisis pandangan utama Amina Wadud berkaitan dengan konsep heremeneutika yang ia tawarkan dalamn karya-karyanya. Tulisan ini juga berupaya untuk melihat genealogi pemikiran Amina Wadud berkaitan dengan hermenutikanya. Penelitian ini menemukan bahwa Amina Wadud mengambil metode penafsiran ulangnya melalui teori double movement Fazlur Rahman, kemudian menggunakan metode tafsir bil quran sebagai caranya menemukan maksud ayat-ayat bias gender berdasakan keinginan Alquran itu sendiri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aujpsi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam , 2809-7459 (ONLINE) dan 2745-7796 (PRINT) , merupakan jurnal OPEN ACCESS dan Peer-reviewed. Jurnal ini memiliki Focus and Scope dalam kaitannya dengan wacana-wacana keislaman dewasa ini serta menitikberatkan pada pembahasan Dinamika & Pergolakan ...