Keadaan perekonomian yang kurang stabil di dalam rumah tangga mengharuskan kepala keluarga maupun ibu rumah tangga bekerja untuk meningkatkan pendapatan mereka. Pekerjaan sebagai pedagang sayuran tentunya membutuhkan sebuah strategi pemasaran untuk menarik perhatian para pembeli. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pedagang sayuran di pasar Rumah Tiga dan pendapatan yang diperoleh pedagang sayuran di Pasar Rumah Tiga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif dengan alat analisis ialah analisis SWOT, IFAS, EFAS dan analisis pendapatan pedagang. Metode pengambilan sampel yaitu metode sensus dengan mengambil keseluruhan pedagang yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Nilai SWOT untuk skor akhir IFAS 3,41 dan skor EFAS 3,39 berada pada posisi pemasaran kuadran I, merupakan kondisi yang sangat baik untuk pengembangan pemasaran sayuran yang bertumpu pada kekuatan dengan memanfaatkan peluang, 2) Rata-rata total pendapatan yang diperoleh oleh pedagang sayuran sebesar Rp. 30.234.91. Strategi pemasaran pedagang sayuran yang diterapkan oleh pedagang di pasar ternyata dapat meningkatkan pendapatan yang ada di dalam rumah tangga.
Copyrights © 2024