Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan berbasis kecerdasan buatan (AI) dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa Program Studi Bisnis Digital Universitas Ngudi Waluyo dalam menyusun proposal bisnis. Sebanyak 26 mahasiswa mengikuti pelatihan yang terdiri dari tiga tahap: pengenalan konsep AI, praktik langsung menggunakan platform AI, dan evaluasi hasil akhir. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kualitas proposal bisnis mahasiswa setelah mengikuti pelatihan. Proposal yang dihasilkan menjadi lebih terstruktur, mendalam dalam analisis data, dan disajikan secara profesional. Hal ini mengindikasikan bahwa integrasi AI dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas output mahasiswa, sekaligus mempersiapkan mereka untuk menghadapi dinamika dunia bisnis yang semakin digital. Penelitian ini merekomendasikan perluasan penggunaan AI dalam pembelajaran bisnis dan penyediaan fasilitas yang memadai untuk mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa di era digital.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024