JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 5, No 1 (2025): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Pembelajaran Berbasis Studi Kasus: Analisis Pengaruh Kemasan, Merek, dan Kualitas Produk pada Keputusan Pembelian Teh Pucuk Jember 2024

Fauziah, Anisatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

This study aims to educate students through phenomena in the marketing field, incorporating market case studies into economic learning strategies in formal education. The focus of the research is to analyze the impact of packaging, brand, and product quality on purchasing decisions of Teh Pucuk in Jember Regency. The research method used is descriptive quantitative with a survey approach involving 150 respondents. The results show that only one independent variable has a significant effect on purchasing decisions. This study recommends using similar case studies to enrich the process of economics learning based on real market realities. The findings are expected to serve as a foundation for the development of more applied teaching materials at the senior high school level.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengedukasi siswa melalui fenomena yang pada bidang pemasaran. Studi kasus pasar ke dalam strategi pembelajaran ekonomi pada tingkat pendidikan formal. Fokus penelitian adalah menganalisis pengaruh kemasan, merek, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Teh Pucuk di Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei pada 150 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya satu variabel independen memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Studi ini merekomendasikan penggunaan studi kasus serupa untuk memperkaya proses pembelajaran ekonomi berbasis realitas pasar. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi dasar dalam pengembangan materi ajar yang lebih aplikatif ditingkat sekolah menengah atas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...