Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes literasi sains dengan tema listrik untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan desain penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Studi ini dilakukan di SD Swasta Cipta Nusa Bakti pada tahun ajaran 2023/2024. Pada tahap Analisis, informasi relevan dikumpulkan, termasuk referensi tentang soal berbasis Higher-Order Thinking Skills (HOTS), analisis kompetensi inti, analisis kompetensi dasar, dan penetapan indikator literasi sains terkait topik kelistrikan. Tahap Perancangan melibatkan pembuatan kisi-kisi tes dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang diperlukan untuk literasi sains. Pada tahap Pengembangan, instrumen tes dibuat sesuai dengan kisi-kisi yang telah ditetapkan. Validitas instrumen diuji terlebih dahulu, mencakup validitas isi, validitas butir soal, tingkat kesulitan, dan daya beda. Pada tahap Implementasi, instrumen tes diuji cobakan kepada 20 siswa SD Swasta Cipta Nusa Bakti. Tahap Evaluasi dilakukan dengan menilai kesesuaian dan ketepatan tahap analisis, desain, pengembangan, dan implementasi, serta menghitung validitas dan reliabilitas instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 15 dari 30 soal yang dikembangkan dinyatakan valid.
Copyrights © 2024