Kemampuan literasi yang baik dapat membantu siswa dalam memahami informasi baik lisan maupun tulisan. Pelaksanaan pembiasaan Gerakan Literasi Sekolah merupakan salah satu kegiatan literasi dan bentuk kesadaran pemerintah terhadap pentingnya membangun budaya literasi dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembiasaan Gerakan Literasi Sekolah di SD NEGERI 173418 POLLUNG, Dolok Sanggul. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang Kepala Sekolah dan 2 orang Guru wali kelas. Instrument penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa sekolah berkomitmen melaksanakan GLS sebagai salah satu kegiatan pembelajaran di sekolah, dengan menyesuaikan kemampuan sekolah SD NEGERI 173418 POLLUNG. Seiring berjalanya kegiatan GLS tahap pembiasaan, sekolah juga berusaha mengembangkan lingkungan dari segi fisik. Pengadaan buku bacaan di perpustakaan, pemberian reward kepada siswa, memonitoring dan evaluasi, serta mengajarkan siswa dalam memilih buku bacaan, merupakan strategi yang dilaksanakan untuk menuju tujuan GLS tahap pembiasaan
Copyrights © 2024