Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 10 No 21 (2024): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan

Pengaruh Pembelajaran dengan Memanfaatkan Aplikasi Tiktok Terhadap Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Sukmana, Dwi Fitri Agustina (Unknown)
Lestari, Ria Yuni (Unknown)
Bahrudin, Febrian Alwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi Tiktok terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP Negeri 5 Kota Serang. Penelitian ini, menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Kota Serang yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024 dengan total jumlah 424 orang yang dijadikan sebagai populasi dan mendapatkan hasil akhir sample penelitian dengan jumlah 81 orang. Peneliti menggunakan instrumen berupa angket untuk mengukur kreativitas siswa. Berdasarkan uji hipotesis yang menggunakan uji regresi linier sederhana diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.00<0.05. Sehingga, dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh positif dengan memanfaatkan aplikasi Tiktok terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 5 Kota Serang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...