Peran guru dalam pendidikan sangat penting, namun mutu guru di Indonesia masih di bawah standar. Salah satu faktor yang memengaruhi mutu guru adalah kesejahteraan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap profesi guru dan minat mereka menjadi guru, dengan fokus pada kesejahteraan guru. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan hasil nilai Sig. sebesar 0,282 > 0,05, bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap profesi guru dan minat mereka menjadi guru dengan kesejahteraan guru. Meskipun demikian, temuan ini menyoroti pentingnya memperhatikan kesejahteraan guru dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah melibatkan variabel lain yang mungkin memengaruhi kesejahteraan guru dan minat mahasiswa menjadi guru, serta melakukan penelitian secara lebih mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi mutu guru di Indonesia.
Copyrights © 2024