Peningkatan signifikan dalam penggunaan layanan media sosial telah menghasilkan sejumlah besar data yang dihasilkan pengguna. Data yang dihasilkan oleh pengguna dibagikan kepada publik untuk tujuan seperti menganalisis perilaku konsumen, melacak penyebaran penyakit, menganalisis pandangan politik, dan sebagainya. Data tersebut menarik perhatian banyak pihak, seperti perusahaan periklanan, pemerintah, penambang data, atau bahkan pihak yang mempunyai niat buruk. Disisi lain mekanisme publikasi ini menimbulkan ancaman terhadap privasi penggunanya. Banyak penelitian telah dilakukan berupaya memberikan solusi untuk melindungi privasi namun, tinjauan sistematis terhadap dinamika penelitian privasi di media sosial dan temuan pendekatan terbaru terhadap solusi privasi dari perspektif yang lebih luas masih belum dieksplorasi dalam literatur saat ini. Melalui metodologi tinjauan pustaka yang sistematis dengan analisis kualitatif, penelitian bertujuan untuk menemukan kesenjangan penelitian dan mengidentifikasi potensi pengembangan metode dan arah penelitian di masa depan mengenai solusi perlindungan privasi data di media sosial. Hasil penelitian berupa kajian state of the art pada perlindungan privasi dalam pempublikasian data, ancaman privasi, metriks untuk mengukur efektifitas metode perlindungan privasi dan masalah yang timbul dari perlindungan privasi seperti menurunya utilitas data dan informasi yang hilang
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024