Pesantren memainkan peran penting dalam pendidikan agama Islam di Indonesia dan telah bertransformasi untuk mengintegrasikan pendidikan umum. Namun, pesantren menghadapi tantangan dalam menyeimbangkan pendidikan agama dan umum, serta mengadaptasi teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi dalam pendidikan pesantren, serta mengidentifikasi peluang dan tantangan dalam menghadapi perkembangan zaman. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review, dengan mengumpulkan dan mensintesis informasi dari jurnal yang dipublikasikan antara 2019-2024 melalui Google Scholar. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pesantren telah berkembang dari lembaga pendidikan agama tradisional menjadi pusat pendidikan yang mengintegrasikan agama, pengetahuan umum, teknologi, dan kewirausahaan. Inovasi pendidikan pesantren mencakup perubahan metode pembelajaran dan integrasi kurikulum berbasis teknologi dan kewirausahaan. Pesantren juga mengadopsi teknologi digital dan memperbarui fasilitas untuk menciptakan lingkungan belajar yang relevan. Meskipun menghadapi tantangan, pesantren memiliki peluang untuk menghasilkan lulusan kompetitif dan berkontribusi pada ekonomi lokal dan nasional.
Copyrights © 2024