Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi manajemen hubungan masyarakat yang diterapkan oleh lembaga pendidikan Islam untuk meningkatkan citranya di era digital. Perkembangan teknologi informasi, khususnya media sosial dan platform digital, telah membawa perubahan signifikan dalam cara lembaga pendidikan berkomunikasi dengan publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif, dengan fokus pada penerapan strategi hubungan masyarakat di lembaga pendidikan Islam. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang hubungan masyarakat, orang tua siswa, dan alumni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dan situs web sebagai saluran komunikasi utama, respons cepat terhadap isu-isu negatif melalui klarifikasi yang transparan, dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan melalui teknologi digital merupakan strategi utama yang diterapkan untuk meningkatkan citra lembaga. Manajemen hubungan masyarakat di lembaga pendidikan Islam juga berfokus pada membangun hubungan yang erat dengan orang tua, alumni, dan masyarakat untuk mendapatkan dukungan yang lebih besar. Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan bahwa strategi manajemen hubungan masyarakat berbasis teknologi digital dapat meningkatkan citra lembaga pendidikan Islam secara signifikan asalkan dilakukan dengan komunikasi yang efektif, transparansi, dan kolaborasi yang berkelanjutan.
Copyrights © 2024