Al-Mujahidah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 5 No 2 (2024): Oktober

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PADA KELAS 4 SDN BUNCALANG

Wardatuzzahra (Unknown)
Nurmalasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2024

Abstract

Khususnya bagi anak-anak dan remaja, penggunaan media pembelajaran sangat penting dalam proses pendidikan. Permainan ular tangga merupakan salah satu media menarik yang dapat digunakan untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan dua kelompok yaitu kelompok kontrol yang menggunakan media gambar dan kelompok eksperimen yang menggunakan media ular tangga. Data sebelum dan sesudah tes dikumpulkan untuk mengukur perubahan motivasi belajar siswa. Dibandingkan dengan media visual, temuan penelitian menunjukkan bahwa minat dan kegembiraan belajar siswa jauh lebih tinggi ketika menggunakan media pembelajaran ular tangga. Dalam membaca, mendengarkan, menulis, dan percakapan, di antara tugas-tugas pembelajaran lainnya, siswa dalam kelompok eksperimen menunjukkan keterlibatan yang lebih besar. Dengan demikian, media pembelajaran ular tangga terbukti efektif sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 4 SDN Buncalang

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Al-mujahidah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Mujahidah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang infomasi berupa artikel maupun hasil penelitian lapangan. Jurnal ini ...