JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education
Vol. 5 No. 2 (2024): (DECEMBER 2024) JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education

Strategi Komunikasi komunitas 4K Yogyakarta melalui akun Instagram @4k.yogyakarta Dalam Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Mengenai Pelestarian Penyu di Yogyakarta

Kusumo, Bagus (Unknown)
Hariyanti, Nunik (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi komunikasi Komunitas 4K Yogyakarta melalui platform Instagram dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pelestarian penyu di Yogyakarta. Dengan menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif dan pendekatan analisis Miles dan Huberman, penelitian ini menganalisis konten feeds dan reels dari akun Instagram @4K.yogyakarta. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi, dengan validasi menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan Instagram sebagai platform utama merupakan keputusan strategis yang efektif, didukung oleh data demografis yang menunjukkan 167,8 juta pengguna aktif di Indonesia dengan 89,9% berusia 18-44 tahun. Strategi komunikasi yang diterapkan meliputi tiga aspek utama: membangun kredibilitas melalui konten kolaboratif, menyajikan infografis edukatif berbasis data, dan mengembangkan konten yang menciptakan hubungan emosional dengan audiens. Implementasi teori uses and gratification membantu mengoptimalkan penyampaian pesan sesuai kebutuhan audiens. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi digital yang komprehensif dan terencana dapat secara efektif meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pelestarian penyu, yang dibuktikan dengan tingkat keterlibatan audiens yang tinggi dan perubahan persepsi positif terhadap upaya konservasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

We welcome research articles, theoretical, policy reviews, or methodological reviews, to be submitted to our journals within the following research areas: Learning, Teaching and Educational Development Social Change, Cultural, and Community Development Rural and Urban Ecological Societies Family, ...