JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education
Vol. 5 No. 2 (2024): (DECEMBER 2024) JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education

Inovasi Program Katepay Sebagai Perluasan Fungsi Kartu Identitas Anak (KIA) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya

Nur Octafiani, Risda Wulan (Unknown)
Anisykurlillah, Rosyidatuzzahro (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penyediaan data identitas kependudukan yang akurat merupakan tanggung jawab penting pemerintah Indonesia dalam memenuhi hak warga negara. Kartu Identitas Anak (KIA) sebagai inovasi dalam administrasi kependudukan bertujuan untuk memberikan akses layanan publik bagi anak-anak di bawah 17 tahun. Penelitian ini menganalisis inovasi Program Katepay yang memperluas fungsi KIA sebagai alat pembayaran non-tunai di sekolah-sekolah di Kota Surabaya. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan fokus pada lima atribut inovasi menurut Rogers (2003): keunggulan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemampuan dicoba, dan kemampuan diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Katepay menawarkan kemudahan dan keamanan dalam transaksi, serta memberikan kontrol lebih kepada orang tua dalam memantau pengeluaran anak. Meskipun demikian, adopsi Katepay di kalangan siswa masih menghadapi kendala, seperti kerumitan penggunaan, kesenjangan aksesibilitas perangkat, dan masalah teknis. Program ini menunjukkan kesesuaian yang baik dengan regulasi yang ada, namun observabilitas hasilnya masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan lebih lanjut dalam fitur aplikasi dan peningkatan literasi digital untuk mempercepat adopsi Katepay di masa mendatang. Secara keseluruhan, Katepay berpotensi menjadi solusi yang relevan dan menguntungkan dalam mendukung transformasi digital layanan publik di Surabaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

We welcome research articles, theoretical, policy reviews, or methodological reviews, to be submitted to our journals within the following research areas: Learning, Teaching and Educational Development Social Change, Cultural, and Community Development Rural and Urban Ecological Societies Family, ...