Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa dalam kegiatan diskusi pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian siswa kelas VIII A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Teknik perekaman video, Teknik catat. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, Hasil temuan menunjukkan bahwa kesantunan berbahasa dalam kegiatan diskusi pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Konawe Selatan terdapat bentuk kesantunan yang mengacu pada teori prinsip kesantunan Leech (prinsip maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penerimaan, maksim kerendahan hati, maksim kesetujuan dan maksim simpati).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024