Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional
Vol. 2 No. 3 (2024): JIPNAS - Desember

Efektivitas Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Menulis Bahasa Arb: Studi Meta-Analisis

Julham Hukom (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Multimedia interaktif kini menjadi salah satu inovasi teknologi yang signifikan dalam pembelajaran Bahasa Arab, khususnya untuk mengembangkan keterampilan menulis. Namun, hasil penelitian mengenai efektivitas multimedia interaktif terhadap kemampuan menulis Bahasa Arab masih bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas multimedia interaktif terhadap kemampuan menulis Bahasa Arab melalui pendekatan meta-analisis. Sebanyak 10 artikel yang diterbitkan antara tahun 2015 hingga 2024 dianalisis menggunakan perangkat lunak Comprehensive Meta-Analysis (CMA) versi 3. Hasil analisis menunjukkan ukuran efek keseluruhan sebesar 0,94 (kategori efek besar) dengan tingkat kepercayaan 95%. Temuan ini mengindikasikan bahwa multimedia interaktif memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan menulis Bahasa Arab. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pendidik dan pengembang media pembelajaran dalam meningkatkan pembelajaran Bahasa Arab melalui teknologi multimedia interaktif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipnas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional (JIPNAS) adalah publikasi yang memuat hasil-hasil penelitian dan kajian kritis tentang berbagai aspek dari pendidikan, termasuk teori, metodologi, dan aplikasi. Isi jurnal ilmu pendidikan bisa meliputi berbagai topik, seperti pembelajaran, kepemimpinan pendidikan, ...