Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 6 (2024): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting

PENGARUH WORD OF MOUTH, ESTETIKA PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG TENUN DONGGALA DI JAGAD TENUN KOTA PALU

Adelia, Isnada (Unknown)
Wahyuningsih, Wahyuningsih (Unknown)
Adam, Rosida P. (Unknown)
Farid, Farid (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh word of mouth, estetika produk, dan kualitas produk terhadap minat beli ulang tenun Donggala di Jagad Tenun Kota Palu. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan di Jagad Tenun Kota Palu, dengan sampel sebanyak 120 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa word of mouth, estetika produk, dan kualitas produk secara signifikan berpengaruh positif terhadap minat beli ulang tenun Donggala. Hal ini berarti semakin positif word of mouth, semakin menarik estetika produk, dan semakin tinggi kualitas produk, maka semakin tinggi pula minat konsumen untuk membeli ulang produk tenun Donggala. Temuan ini mengindikasikan bahwa Jagad Tenun Kota Palu perlu mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk, serta terus melakukan upaya promosi yang efektif untuk meningkatkan word of mouth yang positif. Selain itu, perusahaan/pelaku usaha juga perlu memperhatikan aspek estetika produk agar lebih menarik minat konsumen. Hasil penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pelaku usaha tenun Donggala, khususnya dalam merumuskan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan minat beli ulang konsumen. Penelitian lebih lanjut dapat mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi minat beli ulang, seperti harga, merek, dan pengalaman berbelanja.

Copyrights © 2024