Tingginya biaya perbaikan produk cacat menyebabkan biaya tambahan dan peningkatan jumlah persediaan di luar perencanaan, sehingga penilaian kinerja perusahaan belum optimal. Akibatnya, perusahaan belum mampu memanfaatkan peluang untuk bersaing dengan perusahaan sejenis. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh Quality f Cost dan Just in Time terhadap kinerja manajerial dengan Competitive Advantage sebagai variabel intervening di PT. Wijaya Karya Beton Tbk. – Pabrik Produk Beton Sumatera Utara. Penelitian menggunakan pendekatan asosiatif kuantitatif dengan kuesioner dan analisis Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan SmartPLS 3.0. Responden sebanyak 75 orang mencakup manajer pabrik, kepala seksi, karyawan pengawas, serta staf dari lima unit kerja: produksi, teknik dan mutu, perencanaan dan evaluasi produk, keuangan dan SDM, serta peralatan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Quality of Cost berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial. (2) Just in Time berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial. (3) Quality of Cost dan (4) Just in Time berpengaruh positif dan signifikan terhadap Competitive Advantage. (5) Competitive Advantage berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial. Selain itu, Competitive Advantage terbukti sebagai variabel intervening bagi pengaruh (6) Quality of Cost dan (7) Just in Time terhadap kinerja manajerial.
Copyrights © 2024