Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol. 8 No. 1 (2025): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting

DAMPAK KEBIJAKAN EKONOMI PEMERINTAH TERHADAP KEPUTUSAN PENDANAAN PERUSAHAAN (10 PERUSAHAAN FMCG TERBESAR DI INDONESIA)

Pustika Ayuning Puri (Universitas Siber Asia)
Wahyu Purbo Santoso (Universitas Siber Asia)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2025

Abstract

Perusahaan FMCG memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat dan menyumbang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi negara. Oleh karena itu, menjadi sangat penting untuk memahami dampak kebijakan ekonomi yang ditetapkan pemerintah terhadap Keputusan pendanaan perusahaan FMCG di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang akan mengidentifikasi hubungan antara kebijakan ekonomi yang diproksikan oleh kebijakan moneter dan kebijakan fiskal yang diterapkan oleh pemerintah dan dampaknya terhadap keputusan pendanaan (financing decision) menggunakan regresi data panel dengan menggabungkan data silang yaitu, terdiri dari 10 perusahaan FMCG dengan periode selama tiga tahun dan data runtut waktu terdiri dari suku bunga, pajak dan DER. metode yang biasa digunakan dalam mengestimasi model regresi dengan data panel, di antaranya: Common Effect Model (CEM), Fixed Effect Model (FEM), Random Effect Model (REM). Hasil penelitian menunjukkan kebijakan moneter tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pendanaan. Dan kebijakan fiskal juga tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pendanaan. Hal ini disebabkan Perusahaan FMCG adalah produsen makanan, minuman, dan kebutuhan rumah tangga merupakan barang yang esensial bagi konsumen. Permintaan terhadap produk ini tidak terlalu dipengaruhi oleh perubahan harga akibat kenaikan atau penurunan suku bunga dan pajak. Dengan demikian, perusahaan dapat mempertahankan pendapatan yang stabil tanpa memerlukan perubahan signifikan pada struktur modal.

Copyrights © 2025