Edukasi: Jurnal Pendidikan
Vol 22 No 2 (2024): Edukasi: Jurnal Pendidikan

EFEKTIVITAS EKSTRAKURIKULER ROBOTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SDIT AT TAUBAH JAKARTA TIMUR

Cahyani, Lindu (Unknown)
Pranata, Khavisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan efektivitas antara ekstrakulikuler robotik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di SDIT Taubah Jakarta Timur. Menggunakan mixed methods model Sequenti al E xplanatory Strategy yang mengintegrasikan metode kuantitatif dan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan survei. Hasil penelitian yang dilakukan di SDIT Taubah menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler efektif meningkatkan berpikir kreatif siswa berdasarkan hasil uji T menunjukkan hasil signifikasi kurang dari 0,001 maka dinyatakan terdapat pengaruh ekstrakulikuler robotik terhadap kemampuan berpikir kreatif. Hal ini juga tercermin dari hasil wawancara terhadap pembina ekstrakulikuler robotik menunjukkan semakin berkembangnya potensi siswa, misalnya dalam pengembangan diri untuk mampu memecahkan permasalahan yang ada. Kenyataan ini mempengaruhi kreativitas dan kemandirian siswa, agar dapat terus berinovasi menciptakan karya yang sesuai dengan kepribadiannya, mengembangkan dan meningkatkan rasa percaya diri dalam menghasilkan ide dan pemikiran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education

Description

EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a Research Scientific Journal published two times a year by LPPM IKIP PGRI Pontianak with p-ISSN 1829-8702 (print) and e-ISSN 2407-1803 (online). The article contains the results of research and other scientific literature related to education, learning, science, ...