Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 1 (2024): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

Hambatan Epistemologi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Ditinjau dari Self-regulated Learning

Meliani, Ira (Unknown)
Mulyani, Eva (Unknown)
Muslim, Siska Ryane (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan epistemologi siswa dalam menyelesaikan soal lingkaran ditinjau dari self-regulated learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di MTs Negeri 4 Tasikmalaya pada 30 siswa kelas VIII dengan 7 siswa sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi penyebaran angket self-regulated learning, pemberian soal tes materi lingkaran, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam kategori self-regulated learning tinggi mengalami hambatan epistemologi pada jenis hambatan menggeneralisasi. Sementara itu, siswa dalam kategori self-regulated learning sedang dan rendah mengalami hambatan epistemologi pada jenis hambatan intuitif yang keliru, menggeneralisasi, dan penggunaan bahasa alamiah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...