Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan bagaimana kemampuan number sense digunakan untuk menyelesaikan soal matematika berdasarkan tingkat self-efficacy. Penelitian kualitatif dengan metode eksploratif sebagai jenis penelitian yang dipergunakan. Penggunaan tes kemampuan number sense, angket self-efficacy, dan wawancara sebagai metode untuk mengumpulkan data. Terdapat 3 peserta didik dari kelas VII-B SMP Negeri 1 Cimaragas sebagai subjek penelitian dan mereka memiliki kemampuan untuk memenuhi semua indikator kemampuan number sense dari kategori tinggi, sedang dan rendah. Serta memiliki kemampuan dalam mengungkapkan gagasan atau ide secara verbal dan tertulis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) subjek kemampuan number sense dengan self-efficacy tinggi (S-15) menghasilkan jawaban yang benar tanpa mengalami kesulitan, (2) subjek kemampuan number sense dengan self-efficacy sedang (S-10) menghasilkan jawaban yang belum tepat, pada indikator counting, dan (3) subjek kemampuan number sense dengan self-efficacy rendah (S-9) menghasilkan jawaban yang belum tepat pada indikator counting serta pada indikator representing menyajikan hasil jawaban tanpa menyertakan kesimpulan jawaban.
Copyrights © 2024