Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 1 (2024): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

Pengaruh Ludo Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Matriks Kelas XI SMA Muhammadiyah Pagar Alam

Mahendra, Iqbal Dwi Stiadi (Unknown)
Widiawati, Widiawati (Unknown)
Indrayati, Helni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Ludo Matematika adalah inovasi media pembelajaran berbasis permainan yang menggabungkan konsep matematika dengan elemen permainan tradisional, dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran Ludo Matematika terhadap hasil belajar siswa pada materi matriks di kelas XI SMA Muhammadiyah Pagar Alam.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, melibatkan dua kelas: kelas eksperimen yang menggunakan Ludo Matematika dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional, masing-masing terdiri dari 30 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 84,57 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 73,30. Uji t-test dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan Ludo Matematika terhadap hasil belajar siswa. Media pembelajaran ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep matriks tetapi juga menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan Ludo Matematika sebagai inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...