Ludo Matematika adalah inovasi media pembelajaran berbasis permainan yang menggabungkan konsep matematika dengan elemen permainan tradisional, dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran Ludo Matematika terhadap hasil belajar siswa pada materi matriks di kelas XI SMA Muhammadiyah Pagar Alam.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, melibatkan dua kelas: kelas eksperimen yang menggunakan Ludo Matematika dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional, masing-masing terdiri dari 30 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 84,57 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 73,30. Uji t-test dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan Ludo Matematika terhadap hasil belajar siswa. Media pembelajaran ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep matriks tetapi juga menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan Ludo Matematika sebagai inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024