Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan computational thinking dengan mengimplementasikan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan realistik terhadap siswa SMP. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan quasi experimental. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Sukabumi dengan jumlah 83 siswa. Terdapat tiga kelas dalam penelitian ini diantaranya kelas eksperimen I, II dan kelas kontrol. Teknis analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan uji Anava satu jalur melalui uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat. Instrumen penelitian yang digunakan ialah instrumen tes kemampuan computational thinking siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan realistik lebih baik daripada model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan computational thinking siswa, sehingga hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan computational thinking siswa SMP setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan realistik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024