Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 1 (2024): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

Tingkat Kecemasan Matematika Siswa SMP pada Pembelajaran Materi Prisma

Syahbana, Ali (Unknown)
Rizta, Amrina (Unknown)
Suryati, Suryati (Unknown)
Kusumawati, Nyimas Inda (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini menggambarkan kecemasan matematika siswa SMP ketika mempelajari materi prisma. Penelitian ini merupakan studi deskriptif kuantitatif yang dilakukan di tiga sekolah: SMP Negeri 31 Palembang, SMP Muhammadiyah 3 Palembang, dan SMP Thawalib Sriwijaya Palembang. Sampel terdiri dari 109 siswa dari kelas terpilih di ketiga sekolah tersebut. Penelitian berlangsung pada Februari 2024 hingga Juni 2024. Data diperoleh melalui pengisian angket kecemasan matematika oleh siswa dari ketiga SMP tersebut. Data hasil dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Angketnya berisi 30 butir pernyataan yang menggambarkan setiap indikator kecemasan matematika siswa pada pembelajaran materi prisma. Hasil penelitian menunjukkan kecemasan matematika 109 siswa SMP dalam mempelajari materi prisma termasuk dalam kategori sedang dan mendekati tinggi. Level sekolah tidak terlalu berpengaruh terhadap perbedaan tingkat kecemasan matematika siswa. Kecemasan matematika untuk kelompok siswa laki-laki termasuk kategori sedang, dan kelompok siswa perempuan termasuk kategori tinggi. Kecemasan matematika 109 siswa pada materi prisma untuk indikator kognitif (berpikir) tergolong sedang, untuk indikator afektif (sikap) tergolong tinggi, dan untuk indikator fisiologis (reaksi fisik) tergolong tinggi. Kecemasan matematika siswa laki-laki dan perempuan pada materi prisma jika ditinjau dari indikatornya mempunyai kecenderungan yang sama. Penelitian ini mengungkap bahwa sebagian besar siswa cenderung bersikap cemas terhadap pembelajaran materi prisma, meskipun secara aspek kognitif mereka sebenarnya masih mampu mengikutinya.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...