Kemampuan literasi matematis ialah kemampuan individu dalam merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam situasi nyata yang sangat penting dalam permasalahan kontekstual. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA pada siswa kelas VII SMP Negeri 61 Palembang. Penelitian ini dengan jenis deskriptif kualitatif yang melibatkan 30 orang siswa dengan fokus pada tiga orang siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendaah. Tes dan wawancara merupakan teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini. Hasil analisis persentase tiap indikator dalam penelitian ini yakni, indikator formulate sebesar 22,22% dikategorikan kurang. Indikator employ dengan persentase 55,56% dikategorikan sedang dan indikator interprete dengan persentase sebesar 40,44% dikategorikan sedang. Sedangkan rata-rata keselurahan dari ketiga indikator tersebut sebesar 40,74% dikategorikan sedang dengan indikator yang paling banyak muncul pada indikator kedua yaitu employ.
Copyrights © 2024