Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui perkembangan anak dalam meningkatkan kemampuan motorik anak menggunakan permainan tradisional engklek. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang diambil dari 3 kelas total peserta keseluruhan 24 anak. Pengambilan dan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Kuesioner dilakukan untuk mengetahui persentase kemampuan perkembangan motorik anak. Penerapan permainan engklek dalam meningkatkan kemampuan motorik anak di SD Dharma Mulia Getasan ditemukan bahwa motorik anak berkembang dengan kategori tinggi 10 anak dan sedang 8 anak,berdasarkan data bisa dikatakan permainan engklek dapat perkembang untuk meningkatkan motorik anak dengan kategori tinggi 10 anak dan sedang 8 anak. Peneltian ini juga menemukan bahwa permainan tradisional engklek mampu mengembangkan motorik anak melalui anak bergerak melompat dan menyeimbangkan badan dengan menggunakan satu kaki saat bermain. Kemampuan motorik anak dapat ditingkatkan melalui permainan, salah satu permainan tradisional engklek. Keterbatasan penelitia ini adalah dalam proses hasil penelitian saat pengambilan data menisci kuesioner kurang maksimal sehingga hasil pengamatan mendai kurang cermat. Penelitian selanjutnya diharapkan tidak hanya mengukur motorik anak tetapi bisa meneliti sikologis anak saat bermain.
Copyrights © 2025