Pena Literasi
Vol 7, No 2 (2024): Pena Literasi

EFEKTIVITAS METODE DISKUSI SEBAGAI PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA

Dzaky, Muhammad Wildan (Unknown)
Ubaidillah, Dimas Aldean (Unknown)
Susanti, Elvi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas dari metode diskusi terhadap keterampilan berbicara siswa di MTs Manbaul Ulum Ciampea. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data berupa siswa kelas VIII MTs Manbaul Ulum Ciampea. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan metode triangulasi, data dianalisis melalui observasi, tes, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini terdapat dua siklus, siklus pertama siswa diminta untuk membuat kelompok untuk berdiskusi mengenai suatu isu. Hasil dari pengamatan pembelajaran berbicara pada siklus pertama, nilai rata-rata siswa adalah72,25%. Hasil yang dicapai siswa lebih dominan di bawah rata rata, hasil tes yang mencapai nilai di atas 75 ada 7 siswa atau 8,75% yang lulus di atas KKM. Pada siklus kedua, peneliti memberikan dialog serta menyampaikan motivasi agar siswa tidak merasa nervous ketika berbicara di depan orang banyak. Siswa memberikan respon yang baik, hasil dari siklus kedua 80 siswa hasil nilai di atas KKM sebanyak 71 siswa atau 88,75%, nilai rata-rata siswa 78,01%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

penaliterasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pena literasi merupakan jurnal nasional yang berbasis penelitian di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra ...