Education Achievement: Journal of Science and Research
Volume 5 Issue 3 November 2024

Perancangan Media Pembelajaran Fiqih Kelas VIII Menggunakan Autoplay Media Studio Di MTs Yati Kamang Mudik

Gultom, Selly (Unknown)
Zakir, Supratman (Unknown)
Efriyanti, Liza (Unknown)
Khairuddin, Khairuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini mengacu pada permasalahan pembelajaran yang ditemukan di MTs Yati Kamang Mudik. Yang membuat peneliti ingin merancang sebuah media pembelajaran menggunakan Autoplay Media Studio yang layak dan siap digunakan untuk pembelajaran fiqih kelas VIII. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini berhasil merancang sebuah media pembelajaran dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan multimedia oleh Luther Sutopo yang terdiri dari enam tahap : konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Penelitian ini mencapai tingkat validitas media pembelajaran sebesar 0,92 dengan menguji tiga aspek: perancangan media, materi, dan kebahasaan yang diuji oleh empat orang ahli. Uji praktikalitas dilakukan oleh tiga orang guru dengan hasil 0,95, sementara uji efektivitas dilakukan oleh siswa dengan hasil 0,87. Dari hasil uji produk tersebut, disimpulkan media pembelajaran fiqih kelas VIII menggunakan Autoplay Media Studio di MTs Yati Kamang Mudik terbukti sangat valid, praktis, dan efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsr

Publisher

Subject

Education Other

Description

Education Achievement: Journal of Science and Research terbit 3 kali dalam setahun, yaitu bulan Oktober, Februari dan Juni, Education Achievement: Journal of Science and Research merupakan jurnal pada bidang yang berkaitan dengan Pendidikan, yang meliputi studi tekstual dan lapangan dengan berbagai ...