JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati
Vol 5 No 2 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat jati

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pemahaman Konsep Pendidikan Pancasila Sebagai Dasar Negara untuk Siswa Kelas 5 SD 1 Adiwarno

Mudrikatunnisa, Mudrikatunnisa (Unknown)
Rondli, Wawan Shokib (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa dalam memahami konsep Pendidikan Pancasila sebagai dasar negara. Penelitian ini melibatkan siswa kelas 5 di SD 1 Adiwarno sebagai subjek penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-test post-test control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model PBL dan kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep sebelum dan setelah perlakuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami konsep Pendidikan Pancasila. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penggunaan model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman konsep pada mata pelajaran yang bersifat abstrak seperti Pendidikan Pancasila.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPMUKJT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati terbit dua kali setahun bulan Juni dan Desember dengan proses peer review dan open akses. Pembelajar memiliki e-ISSN: 2774-616x dan p-ISSN: 2721-1339 Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian. JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan ...