Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa dalam memahami konsep Pendidikan Pancasila sebagai dasar negara. Penelitian ini melibatkan siswa kelas 5 di SD 1 Adiwarno sebagai subjek penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-test post-test control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model PBL dan kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep sebelum dan setelah perlakuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami konsep Pendidikan Pancasila. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penggunaan model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman konsep pada mata pelajaran yang bersifat abstrak seperti Pendidikan Pancasila.
Copyrights © 2024