Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media papan pintar dalam meningkatkan kemampuan pra menulis anak usia dini. Media papan pintar dipilih sebagai alat bantu pembelajaran yang interaktif dan menarik bagi anak-anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak-anak usia 4-5 tahun di TK Mutiara Anak Bangsa. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi selama proses pembelajaran berlangsung.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan pra menulis anak setelah menggunakan media papan pintar. Anak-anak menjadi lebih tertarik dan termotivasi dalam belajar menulis, serta menunjukkan peningkatan dalam pengenalan huruf dan kemampuan menulis dasar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media papan pintar merupakan alat yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pra menulis anak usia dini, dan dapat dijadikan salah satu alternatif media pembelajaran di TK. Persentase hasil tidakan mencapai peningkatan yaitu pada prasiklus 38,75%, pada siklus I mencapai 61,66% dan pada siklu II mencapai 85,41%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media papan gambar dapat meningkatkan kemampuan Pramenulis pada anak
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024