JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati
Vol 5 No 2 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat jati

Menstimulus Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia Dini Melalui Media Audio Visual di TK Tunas Karya II Panyairan Cianjur

Setia, Nani (Unknown)
Widiyastuti, Arie (Unknown)
Yuminar Priyanti, Nina (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan menyimak pada anak usia dini melalui media audio visual dan untuk mengetahui apakah media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menyimak. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK Model ini banyak dipakai karena sederhana dan mudah dipahami. Tahapan PTK model Kemmis McTaggart meliputi Perencanaan (Plan), Pelaksanaan Dan Pengamatan (Act & Observe), Dan Refleksi (Reflect). Tahapan-tahapan ini berlangsung secara berulang-ulang, sampai tujuan penelitian tercapai. Subjek penelitian adalah anak-anak kelompok B di TK Tunas Karya II Panyairan yang berjumlah 12 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat menstimulus kemampuan menyimak pada anak usia dini. Pada penelitian pra siklus menunjukan 39,58% dan pada siklus I, 64,58% anak menunjukkan peningkatan kemampuan menyimak, dan meningkat menjadi 84,38% pada siklus II dengan jumlah KKM 70 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media audio visual efektif dalam menstimulus kemampuan menyimak pada anak usia dini di TK Tunas Karya II Panyairan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPMUKJT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati terbit dua kali setahun bulan Juni dan Desember dengan proses peer review dan open akses. Pembelajar memiliki e-ISSN: 2774-616x dan p-ISSN: 2721-1339 Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian. JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan ...