Pendidikan anak usia dini adalah Pendidikan anak dari usia 0-6 tahun. Pedidikan usia dini berfungsi sebagai menumbuhkan, membina dan mengembangkan seluruh potensi anak usia dini secara optimal. Pendidikan usia dini di sesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Kurikulum dimaksudkan untuk dapat mengarahkan Pendidikan menuju arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh. Kurikulum merdeka merupakan salah satu inovasi Pendidikan Indonesia untuk memaksimalkan potensi dan minat belajar siswa. Implementasi kurikulum merdeka memiliki tujuan yaitu mempersiapkan individu agar memiliki pribadi yang produktif, kritis, kreatif dan inovatif sehingga kurikulum merdeka ini menekankan pada pengutan literasi. Tujuan dari peneliti ini yaitu untuk mengetahui profil literasi budaya lokal di taman kanak- kanak. Metode penelitian yang di gunakan yaitu penelitian kualitatif. Subjek yang digunakan dalam peneliti ini yaitu kepala sekolah, guru kelas dan anak-anak di TK PGRI Tunas Rahayu Brecong. Intrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasu dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukan literasi budaya lokal baik di terapkan sejak anak usia dini, anak usia dini masih masih kurang mengenal dalm mengenal literasi budaya lokal, sehingga hasil pembahasan anak antusias dalam mengenal literasi budaya lokal.
Copyrights © 2024