Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance
Vol. 7 No. 2 (2024): Jurnal Tabarru' : Islamic Banking and Finance

PERAN KARYAWAN MARKETING PERBANKAN SYARIAH DALAM MENJAWAB KERAGUAN UMAT ISLAM TERHADAP PERBANKAN SYARIAH DI KOTA BENGKULU

Dwi Putri, Yeza (Unknown)
Asnaini (Unknown)
Shar, Aan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran karyawan marketing perbankan syariah dalam menjawab keraguan umat Islam terhadap Perbankan Syariah di Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian merupakan karyawan marketing Perbankan Syariah, nasabah, dan masyarakat non nasabah. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karyawan marketing memiliki peran krusial dalam membentuk persepsi masyarakat terhadap Perbankan Syariah, mereka tidak hanya bertugas sebagai penjual produk, tetapi juga sebagai pendidik dan duta yang membantu memperluas pemahaman serta penerimaan terhadap konsep-konsep syariah dalam konteks keuangan. Kurangnya pemahaman tentang prinsip-prinsip syariah yang menjadi dasar operasional perbankan syariah merupakan faktor utama yang menyebabkan keraguan umat Islam. Untuk mengatasi keraguan umat Islam terhadap perbankan syariah, diperlukan langkah-langkah konkret yang melibatkan berbagai pihak terkait seperti memberikan edukasi, meningkatkan transparansi, penguatan kerjasama antara karyawan dan perbankan syariah, serta melakukan regulasi dan pengawasan terhadap Perbankan Syariah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tabarru

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Scope and Focus of this journal subjected to area of : Islamic Banking (BUS, BPRS & UUS), Islamic Financial Intitutions such as Islamic Insurance (Takaful), Islamic Leasing, Islamic Capital Market (Islamic Bond/SUKUK & Islamic Stock), Islamic Pawn Shop, Baitamall Wattamwil (BMT), Islamic ...