Cakrawala Indonesia
Vol 9 No 2 (2024): Nopember-April

Pengembangan Media Scrapbook Penguatan Self-Efficay untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa (Studi Siswa SDN Sawentar 01 Kabupaten Blitar)

Lestari, Atika Ailis Ayu (Unknown)
Alfi, Cindya (Unknown)
Fatih, Mohamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2025

Abstract

Tujuan riset mengembangkan media, langkah R & D, model Addie, eksperiment 11 anak SD Sawentar, kelas 4. Ditinjau pakar validator (V1) media, (V2) materi, (V3) bahasa, (KG) kemenarikan guru, (KS) kemenarikan siswa. Hasil pengembangan, penilaian kelayakan instrument V1 (82,5%), V2 (87,5%), dan V3 (92,5%), KM (100%), dan KS menghasilkan angka Cronbah’s Alph 0,890, penanda layak dipergunakan. Hasil validator produk V! (87,5%), V2 (87,5%), dan V3 (93,7%), dengan KG (100%). Implementasi media scrapbook meningkatkan keterampilan berbahasa siswa ketika self-efficacy mendorong sikap kepribadian siswa, hasil belajar dari 27,3% meningkat 63,5% diimplementasi kedua dan melonjat ketnilai 90,90 pada terapan ketiga, sehingga media layak dikembangkan karena telah mampu mendorong selff-efficacy yang berimbas semangat belajar tinggi, menciptakan motivasi kuat untuk belajar, hasil belajar membaik, hasil meningkat baik kopgnitif, afektif, maupun psikomotorik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Linguistics; phonology, morphology, syntax, discourse analysis, psycholinguistics, sociolinguistics, and critical discourse analysis. Literature: local literature studies, Indonesian literature, foreign literature studies, children literature, literature studies for character education, and other ...