Tujuan riset mengembangkan media, langkah R & D, model Addie, eksperiment 11 anak SD Sawentar, kelas 4. Ditinjau pakar validator (V1) media, (V2) materi, (V3) bahasa, (KG) kemenarikan guru, (KS) kemenarikan siswa. Hasil pengembangan, penilaian kelayakan instrument V1 (82,5%), V2 (87,5%), dan V3 (92,5%), KM (100%), dan KS menghasilkan angka Cronbah’s Alph 0,890, penanda layak dipergunakan. Hasil validator produk V! (87,5%), V2 (87,5%), dan V3 (93,7%), dengan KG (100%). Implementasi media scrapbook meningkatkan keterampilan berbahasa siswa ketika self-efficacy mendorong sikap kepribadian siswa, hasil belajar dari 27,3% meningkat 63,5% diimplementasi kedua dan melonjat ketnilai 90,90 pada terapan ketiga, sehingga media layak dikembangkan karena telah mampu mendorong selff-efficacy yang berimbas semangat belajar tinggi, menciptakan motivasi kuat untuk belajar, hasil belajar membaik, hasil meningkat baik kopgnitif, afektif, maupun psikomotorik
Copyrights © 2024