Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengetahui respon mahasiswa mengenai penggunaan platform media berbasis teks sebagai implementasi keterampilan menulis mahasiswa Pascasarjana jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia angkatan 2023 di Universitas Negeri Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data pada penelitian ini yaitu hasil survei mahasiswa Pascasarjana jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia angkatan 2023 di Universitas Negeri Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei dan teknik simak catat. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform media berbasis teks, seperti media sosial, forum diskusi, dan layanan blog memiliki potensi yang beragam dalam mengembangkan keterampilan menulis mahasiswa. Penggunaan platform belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh semua responden, sebagian besar menilai platform tersebut efektif dalam membantu pengembangan kemampuan menulis responden. Penggunaan platform media berbasis teks, seperti blog, forum diskusi, dan media sosial yang berfokus pada tulisan, memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa. Platform ini memberikan ruang bagi mahasiswa untuk mengekspresikan ide, berbagi pandangan, dan berlatih menyusun argumen secara tertulis. Melalui interaksi dengan pembaca dan penulis lain, mahasiswa dapat menerima umpan balik yang konstruktif, yang membantu mereka memperbaiki gaya penulisan, tata bahasa, dan struktur narasi. Kata kunci: keterampilan menulis, mahasiswa, platform media, teks
Copyrights © 2024