Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 13, No 3 (2024)

PENGEMBANGAN BUKCERNALA (BUKU CERITA ANAK BERMUATAN NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA) UNTUK PENGUATAN KARAKTER SISWA

Irma, Cintya Nurika (Unknown)
Shofi, Moh Shofiuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Cerita Anak Bermuatan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila  (Bukcernala). Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dilaksanakan mengikuti rancangan 4-D model dari Thiagarajan yang meliputi 1) define, 2) design, 3) development, dan 4) disemination. Secara spesifik penelitian ini memiliki dua tujuan utama yaitu, (1) mengidentifikasi langkah-langkah dalam proses pengembangan produk yang dihasilkan, (2) menilai sejauh mana kelayakan produk tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa SDI Ta’alumul Huda Bumiayu. Selanjutnya, kegiatan pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, dokumen, wawancara, dan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil pengembangan produk “Bukcernala” terkait dengan sikap 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif. Proses pengembangan buku cerita anak ini melalui enam langkah, yaitu menentukan tema, merancang alur cerita atau storyboard, memilih karakter, membuat ilustrasi, mengintegrasikan berbagai elemen buku, dan melakukan validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan tingkat kevalidan dengan persentase 94%, uji validasi ahli bahasa dengan nilai persentase 90%, dan validasi ahli media mencapai 94.6%. Di sisi lain, respons yang diberikan siswa sangat baik dengan penilaian bahwa buku cerita ini menarik, mudah dipahami, dan dapat menjadi contoh perilaku hidup. Selanjutnya, hasil penilaian guru terhadap produk yang dihasilkan mendapatkan penilaian dengan kriteria “Sangat Baik”. Guru berpendapat bahwa cerita yang disajikan dalam buku cocok digunakan dalam pembelajaran sebagai media pembelajaran untuk penguatan karakter siswa. Kata kunci: cerita anak, Profil Pelajar Pancasila, pendidikan karakter

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...