Kopi merupakan salah satu hasil komoditi perkebunan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi di antara tanaman perkebunan lainnya dan berperan penting sebagai sumber devisa negara. Keberhasilan agribisnis kopi membutuhkan dukungan semua pihak yang terkait dalam proses produksi kopi pengolahan dan pemasaran komoditas kopi. Di Kabupaten Kepahiang, kopi menjadi komoditas perkebunan yang sangat digemari oleh masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan konsumsi kopi di Kabupaten Kepahiang yang mengalami peningkatan signifikan.. Salah satu kelemahan kopi adalah dalam hal distribusi dan pemasaran. Sistem pemasaran dikatakan efisien apabila dapat memberikan kepuasan maksimum bagi produsen, konsumen, dan pelaku pemasaran dengan penggunaan sumber ekonomi yang serendah-rendahnya. Pengolahan kopi menjadi Green Bean kopi yang dilakukan oleh petani adalah untuk meningkatkan dan memaksimalkan pendapatan dan taraf hidup rumah tangga petani tersebut, yang pada akhirnya dapat mencukupi kebutuhan keluarganya. Untuk meningkatkan pendapatan petani dilakukan berbagai saluran pemasaran dalam menyalurkan hasil pengolahan kopi menjadi green bean kopi ditingkat produsen sampai kepada konsumen, untuk itu perlu dilakukan kajian lebih mendalam tentang “Analisis Saluran dan Marjin Pemasaran Biji Kopi (green bean) di Desa Cugung Lalang Kecamatan Ujan Kabupaten Kepahiang”
Copyrights © 2024