KERNEL: Jurnal Riset Inovasi Bidang Informatika dan Pendidikan Informatika
Vol 5, No 2 (2024)

Rancang Bangun Pemetaan Peternakan Ayam di Kota Jambi Berbasis WEBGIS menggunakan Metode DevOps

Dristyan, Febri (Unknown)
Triana, Helza (Unknown)
Saputra, Muhammad Hadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem pemetaan peternakan ayam di Kota Jambi berbasis WebGIS menggunakan metode DevOps. Sistem ini dirancang untuk mempermudah pengguna dalam mencari informasi lokasi peternakan ayam secara geografis serta mendukung admin dalam mengelola data peternakan dengan lebih efisien. Metode DevOps diterapkan untuk meningkatkan integrasi dan kolaborasi antara tim pengembangan dan tim operasional, yang meliputi tahapan perencanaan, pengembangan, integrasi, pengujian, penerapan, pemantauan, dan peningkatan berkelanjutan. Pada tahap awal, sistem dirancang menggunakan Unified Modeling Language (UML), diikuti dengan desain database yang terstruktur untuk menyimpan informasi penting seperti nama peternakan, alamat, jenis ayam, jam operasional, dan koordinat geografis. Antar muka sistem dirancang secara user-friendly untuk memudahkan pengguna dalam melihat data peternakan melalui peta interaktif serta memungkinkan admin untuk menginput, mengedit, dan menghapus data. Sistem monitoring juga diterapkan untuk menjaga stabilitas dan keamanan sistem, dengan alat pemantauan seperti Prometheus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan DevOps efektif dalam meningkatkan kualitas pengembangan dan penerapan sistem, dengan hasil akhir berupa sistem WebGIS yang handal dan mudah diakses. Sistem ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam pengelolaan informasi peternakan ayam di Kota Jambi, serta memberikan kontribusi terhadap pemetaan peternakan secara geografis di wilayah tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kernel

Publisher

Subject

Computer Science & IT Other

Description

1. Teknologi Informasi 2. Rekayasa Perangkat Lunak: a. Rekayasa Kebutuhan b. Pengembangan Game dan Realitas Virtual c. Management Proyek Perangkat Lunak d. User Interface / User Experience 3. Jaringan Komputer: a. Sekuritas Jaringan b. Internet Of Things c. Wireless Network d. Cloud Computing e. ...