LINEAR: Journal of Mathematics Education
Vol. 5 No. 2 (2024): Volume 5 Nomor 2 Desember 2024

Penggunaan ANATES 4.0.9 dalam menguji kelayakan soal pilihan ganda sumatif matematika

Karindi, Dito Risky (Unknown)
Rufi'i (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Guru harus mampu mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan penilaian dengan benar, serta menggunakan hasil penilaian sesuai dengan keperluan. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi kelayakan soal sumatif matematika pilihan ganda materi fungsi komposisi dan invers fungsi berbasis HOTS dan kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sebanyak 72 siswa kelas XI dari salah satu SMA Negeri di Kota Surabaya menjadi subjek penelitian ini pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda dengan 25 soal. Data dianalisis dengan software ANATES 4.0.9. Hasil penelitian terkait butir soal yaitu sebanyak 56% valid dan 44% tidak valid; reliabilitas tes mencapai 0,71, yang memiliki kategori tinggi; 16% soal memiliki daya pembeda sangat bagus, 48% bagus, 24% cukup bagus, dan 12% buruk; 68% soal memiliki tingkat kesukaran sedang, 20% mudah, dan 12% sangat mudah. Hasil penelitian menyatakan bahwa 40% memiliki kualitas soal yang sangat baik, sehingga layak digunakan pada tes sumatif yang akan datang atau dimasukkan ke dalam bank soal. Sementara 60% harus dievaluasi terlebih dahulu oleh peneliti. Ini akan membuat pengembangan bank soal lebih baik dan akan dapat digunakan untuk melakukan berbagai evaluasi pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...