Guru harus mampu mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan penilaian dengan benar, serta menggunakan hasil penilaian sesuai dengan keperluan. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi kelayakan soal sumatif matematika pilihan ganda materi fungsi komposisi dan invers fungsi berbasis HOTS dan kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sebanyak 72 siswa kelas XI dari salah satu SMA Negeri di Kota Surabaya menjadi subjek penelitian ini pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda dengan 25 soal. Data dianalisis dengan software ANATES 4.0.9. Hasil penelitian terkait butir soal yaitu sebanyak 56% valid dan 44% tidak valid; reliabilitas tes mencapai 0,71, yang memiliki kategori tinggi; 16% soal memiliki daya pembeda sangat bagus, 48% bagus, 24% cukup bagus, dan 12% buruk; 68% soal memiliki tingkat kesukaran sedang, 20% mudah, dan 12% sangat mudah. Hasil penelitian menyatakan bahwa 40% memiliki kualitas soal yang sangat baik, sehingga layak digunakan pada tes sumatif yang akan datang atau dimasukkan ke dalam bank soal. Sementara 60% harus dievaluasi terlebih dahulu oleh peneliti. Ini akan membuat pengembangan bank soal lebih baik dan akan dapat digunakan untuk melakukan berbagai evaluasi pembelajaran.
Copyrights © 2024